28 Jan 2012

Solar Flare, Badai Matahari

Beberapa Pengertian Solar Flare atau yang biasa kita sebut Badai Matahari :

(http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_flare)
"A solar flare is a sudden brightening observed over the Sun surface or the solar limb, which is interpreted as a large energy release of up to 6 × 1025 joules of energy. (about a sixth of the total energy output of the Sun each second). The flare ejects clouds of electrons, ions, and atoms through the corona into space. These clouds typically reach Earth a day or two after the event. The term is also used to refer to similar phenomena in other stars, where the term stellar flare applies."
(http://id.wikipedia.org/wiki/Semburan_matahari)
"Semburan Matahari atau suar Matahari (bahasa Inggris: solar flare) adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dapat melepaskan energi sebesar 6 × 1025 joule. Istilah ini juga digunakan untuk fenomena yang mirip di bintang lain. Semburan Matahari memengaruhi semua lapisan atmosfer Matahari (fotosfer, korona dan kromosfer). Kebanyakan semburan terjadi di wilayah aktif disekitar bintik Matahari."
(Tempo.co)
"Badai matahari adalah siklus rutin yang dijalani pusat tata surya Galaksi bimasakti. Badai terjadi ketika matahari mengeluarkan gelombang elektromagnetiknya ke luar orbit yang dicirikan dalam aktivitas ledakan-ledakan."
 Konon, kabarnya Solar Flare yang terjadi beberapa waktu lalu, Senin, 23 Januari 2012, adalah yang terbesar sejak 2005 lalu. Walaupun berskala M, namun disinyalir mendekati skala X, skala terbesar dari ledakan matahari ini. Bayangkan saja, lontaran massa dari korona mataharinya saja, terutama proton, mencapai kecepatan 1.400 km/detik atau 84.000 km/menit atau 5,04 juta km/jam atau kira-kira menjangkau jarak sepanjang Pulau Jawa hanya dalam waktu satu detik.
Beberapa tempat yang Langsung merasakan efeknya adalah kutub utara. Sehingga beberapa maskapai penerbangan yang melintasi wilayah tersebut mengalihkan routenya. Salah satunya dengan mengacaukan sistem komunikasi dan GPS (Global Positioning System).
Siklus 11 tahunan ini dikabarkan akan mencapai puncaknya di tahun 2013 mendatang. Ini yang parah, saking hebatnya efek samping dari ledakan ini diperkirakan akan memutuskan aliran listrik selama berhari-hari, berbulan-bulan bahkan. Seperti halnya pernah terjadi diawal tahun 70-an dimana telepon putus di beberapa daerah di amerika sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap mengunakan kata kata yang sopan, tidak SARA. komentar yang dianggap melanggar akan dihapus.