30 Jan 2012

10 Cara Hindari FB mu Kena Hack


Lupa Password? kena hack? itu mah biasa di FB sekarang ini. Khususnya kaum Gamers yang suka punya banyak akun FB dan memiliki suatu akun game seperti Texas Hold'em poker, ninja saga atau game lain yang menjanjikan kesenangan dan Uang lebih buat para pengusaha chips, token atau character game ilegal tentunya. Hacking dan cheat nampaknya sudah biasa terjadi dan sulit dicegah bahkan oleh Facebook sendiri atau pemilik app game tersebut.
Nah, metode yang biasa dilakukan adalah penggunaan/penggantian password suatu akun FB dan metode yang sering digunakan sepertinya jasa software yang biasa di sebut KEYLOGGER. Cara kerjanya secara singkat begini gan :
setiap keystroke (pencetan) di keyboard dicatat dan disimpan atau dikirimkan ke tujuan yang telah ditentukan pemasang (bisa langsung dipasang di PC agan atau melalui applikasi yang digunakan user dan tidak disadari keberadannya. Itulah alasan kenapa di Warnet rentan kejahatan keylogger ini. Yoi man, tiap pengguna PC tentu Saja beda-beda aktivitasnya. ada yang cuman FB-an, ngeGame, install cheat game??? ini yang sering dijadikan ladang pasang keylogger. Hati-hatilah jika ada aplikasi yang ketika mo di install minta matiin anti virus.
Lalu dari mana kita tahu ada keylogger tidaknya di PC itu? klo ada bisa kena hack neh gue? itu beberapa pertanyaan yang diajuin ke gue baik lewat e-mail, chatt, YM, or telepon langsung. susah juga kalo kita cuman sebatas user mah di PC tersebut. buang-buang waktu nyari ada tidaknya keylogger di PC itu.
Terus gimana biar gak kena hack? Nah ini pertanyaan bagus n bikin kita berpikir dan kreatif. So, gara-gara tuh pertanyaan muncul juga ide nulis neh postingan biar gak jelasin berulang-ulang he....
10 Tips Hindari Hack dan keylogger di Facebook dan E-Mail.

  1. Ganti password secara berkala. gunakan kombinasi unik dari huruf dan angka, spasi atau karakter unik lainnya yang dibolehkan FB.
  2. Jangan kasih tahu siapapun password agan. Biar gak nimbulin fitnah terutama dikemudian hari.
  3. Perhatikan tanda centang keep me logged in (lihat gambar). jangan pernah tandai itu kecuali di PC agan sendiri atau PC yang hanya agan pemakainya
  4. Matikan fitur save password. intinya, jika ada penawaran simpan password. pilih never save my password. biasanya muncul beberapa saat setelah login berhasil.
  5. Jangan munculkan alamat e-mail di tampilan profil kamu. caranya, masuk ke pengaturan akun, umum, e-mail setting/sunting biar gak muncul
  6. Gunakan fitur di windows seperti OSK (On Screen KeyBoard) untuk mengetik e-mail dan password ketika login. caranya klo di XP neh boss. klik start menu, lalu program, accesories, On Screen Keyboard. Yakin deh tuh keylogger tidak bisa mendeteksi passwrd yang kamu tulis.
  7. Gunakan e-mail alternatif, no HP kamu. pengaturan sma dengan langkah lima.
  8. Maksimalkan keamanan FB mu dengan setting keamanan ini. Untuk mengenali anda sebagai pemilik akun. Lihat gambar, setting/sunting lah pertanyaan rahasia seperti di e-mail. 
  9. Sunting jelajah aman (metode https) agar lebih terjamin dibandingkan menggunakan http
  10. pengguna Google Chrome dan modzila firefox  bersihkan cookie dan catche setelah browsing. caranya tekan CTRL+SHIFT+DELETE secara bersamaan.

2 komentar:

  1. mnta tutor CV donk...

    BalasHapus
  2. w4doh maaf gan, klo CV ane belom bisa. soalnya baru nubi tuh...:D

    BalasHapus

Harap mengunakan kata kata yang sopan, tidak SARA. komentar yang dianggap melanggar akan dihapus.