9 Des 2011

Mengatasi Sinyal CE682 EVDO VER A Usb Modem



 revisi 14 Jan 2012
Share aja neh gan.....
Belum seminggu ini saya membeli sebuah modem usb secara tidak sengaja di sebuah tempat belanja. Kenapa saya bilang tidak sengaja? karena memang tak ada niat saya untuk membeli modem tersebut, namun ketika mau bayar di kasir, terpampang poster iklan sebuah layanan internet yang katanya menawarkan akses internet tiada batas dan di jamin ngebut gak pake rem :D ...

"Wah lumayan neh buat di rumah." itu yang terlintas dibenak saat itu karena kebetulan di rumah saya punya pc jadul produksi kira2 tahun 2001an. Mumpung lagi ada diskon dan harganya murah banget langsung saja tanpa pikir panjang saya rogoh kocek dan bayar sekitar 200 rebuan kurang dikit. Lumayan lah dengan uang segitu bisa ngenet sebulan gratis kupikir mana paket yang ditawarkan lumayan gede buat browsing doank mah. cukuplah buat maen poker ma ninja saga juga mako, game online kesukaan saya.

Sampai di rumah tanpa basa-basi langsung tancap gas "START YOUR ENGINE NOW N GO". Pertama kali dicolokin langsung install sendiri dan udah beres tinggal pencet "connect". Kagum saya melihat perform nya. download grade nyampe 50 KB/s dengan paket gratisan yang up to 384 Kbps yang berarti cuma 1/3 dari paket yang selama ini saya pake di warnet yaitu 1 Mbps yang klo download mentok di angka 124 Kbps itupun dibantu sopwer donlot gratisan he..
Eittt.... tunggu dulu! itu kira-kira 2 menit pertama dan selanjutnya terserah anda .... sedkit demi sedikit turun hingga kira-kira 1 menit kedepan angka diam di 0.000 KB/s. lama di tunggu tak gerak juga malahan saya perhatikan satu-satu ikon EVDO dan 1x berubah dari penuh berwarna hijau menjadi kosong berwarna merah. tak kalah akal saya stop n disconnect dan connect lagi. terus berulang-ulang hingga beberapa kali. Akhirnya saya menyerah dan hendak mencabut modem. tapi ketika tangan saya menyentuh modem, sinyal tiba-tiba naik sedikit. Penasaran saya lakukan berulang kali dan kejadiannya persis. Ketika dilepas saya lihat sinyal kembali turun walau kadang-kadang tetap namun upload dan download speed menurun drastis bahkan sampai nol. Selidik punya selidik ternyata tempat tinggal saya belum terjangkau sama mode EVDO, jd pantesan signalnya luplep kayak orang kecebur di air...
Keesokan harinya saya mencoba pasang dengan cara melilitkan kabel di modem. tapi tak seberapa berpengaruh namun ada peningkatan kinerja modem. Sampai saya teringat pada pada antena radio FM yang gak kepake bawaan TV tuner. Saya coba pasang dengan membuka tutup modem  tempat menyimpan kartunya dan melihat hasil yang lumayan. saya geser-geser ujung kabel kiri kanan atas bawah sampai saya temukan tempat yang saya anggap pas dan stop taruh di situ. O ya, sebenarnya gak cuman kabel FM saja, kabel antena TV juga bagus kok. Usahakan panjang dan ditaruh diluar ruangan.
Karena cepat panas saya coba pasang kipas di atasnya. tapi saya tidak tahu pasti kipas ini berpengaruh atau tidak terhadap penangkapan sinyal karena sejauh ini baik baik saja tak ada masalah. Yang jelas ini membantu agar tidak terjadi overheat karena kalau sudah kepanasan begini biasanya modem ngadat dan gak mau beraktivitas bahkan disconnected.
Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman saya neh gan, mohon koreksi kalo salah.

  • Periksa dulu coverage area dari provider yang bersangkutan. Untuk Smartfren bisa dilihat di  http://www.smartfren.com/data/jangkauansf.php sementara untuk yang lain silahkan kunjungi alamat webnya atau tanya mbah google.
  • Jika terlanjur beli dan mengalami kejadian seperti saya maka trik diatas patut dicoba.
  • Beberapa jenis modem jika sudah terlalu lama idle akan susah untuk kembali aktif, bahkan di refresh atau reload sekalipun. Untuk mengatasinya akali dengan melakukan ping terus menerus misalnya ping ke dns atau alamat web lainnya. Misal ping ke dns nawala (open dns lokal yang anti pornografi)di 180.131.144.144. caranya yaitu klik start menu-run-ketik "ping 180.131.144.144 -t -l 1" tanpa tanda petik dan tekan ok. 
  • Agar ujung antena/kabel menempel sempurna di modem gunakan selotif/lakban.
  • Gunakan kipas untuk menjaga suhu tak naik, jika ada kabel usb extention lebih mudah tentunya. bisa digunakan untuk menaruh modem tepat di dekat kipas.
ini dia modem saya gan...




7 komentar:

  1. bos punya update sopwernya g? katnya klo update sopwer jg bisa memperbaiki kinerja ne modem.. klo ada share ya boss..

    BalasHapus
  2. aduh maaf gan, saya belum punya tuh...

    BalasHapus
  3. klo modem yang lain bisa gak ? soalnya modem aku advan jetz dengan kartu xl. gmn kk?

    BalasHapus
  4. bisa...gan
    kebetulan kemaren adek beli tuh xl n t4 kami mang belum terjangkau 3G. So, kinerjanya tuh modem cuma di 2G. Dicoba pake trik ini Alhamdulillah berhasil...kalo gak ada kabel antenna bisa dicoba dengan trik menggunakan kaleng bekas minuman soda atau cola, larutan kaleng, pokoknya yg sejenis itu. caranya lobangi kira2 masuk modemnya.

    BalasHapus
  5. patut banget di coba,tx sob...kebetulan permasalahan yg sama persis,tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 sob...
      o iya klo tdk ada kabel antena bisa juga dgn kabel biasa gan..
      klo agan mau yg praktis beli saja kabel USB extention yg 5 meter da taro modem sobat diatas bangunan rumah..biasanya bagus..

      Hapus
  6. Bermanfaat sekali sob.sinyal smartfren di daerah saya lemah.di tunggu kunjungan balik nya k blog newbe

    BalasHapus

Harap mengunakan kata kata yang sopan, tidak SARA. komentar yang dianggap melanggar akan dihapus.