7 Feb 2012

Biografi Jajang Sukmara


Nama yang satu ini sedang ramai dibicarakan orang akhir-akhir ini khususnya oleh pecinta sepak bola Nasional, tidak hanya di Persib, Bandung, Jawa Barat atau pun di Indonesia. Penampilan gemilangnya bersama Persib Bandung sontak saja menjadi sorotan berbagai kalangan insan persepakbolaan Nasional.
Lalu siapakah Jajang Sukmara ini? dari mana dia berasal? apakah begitu saja Jajang masuk deretan top 11 di starting line-up Persib? serta segudang pertanyaan menyeruak di benak orang yang penasaran akan jati dirinya.
Terbukti, halaman saya berjudul "Jajang Sukmara : New Persib Rising Star" mendadak laris manis dan menduduki peringkat paling atas di blog tukangsasapu ini. Bukan itu saja, keyword "jajang Sukmara" pun juga yang tertinggi di minggu bahkan bulan ini.
Memenuhi rasa penasaran saya tentang Jajang Sukmara, dan tentunya sebagian besar pengunjung, berikut saya tulis kembali biografi lengkap Jajang dan karier sepak bola nya. Dari berbagai sumber, dan inilah rangkumannya.

Nama Lengkap:Jajang Sukmara
TTL:18 November 1988
Klub:Persib Bandung
Posisi:Bek Kiri
Gol:3 (1 persahabatan, 2 liga)
Debut Profesional:vs Persidafon, 17 Desember 2011
Karir klub:- Saint Prima (  - 2008)


- Persib U-21 (2008-2010) sempat jadi kapten tim


- Persib  (magang, 2009-2010)


- Persija (magang, 2010-2011)


- Persib (2011 - )
Karir Timnas
- Seleksi Timnas U-23 (2011)

Jajang kecil awalnya menimba ilmu Akademi Sepak bola Saint Prima. Direktur teknik kala itu di jabat oleh RD (Rahmad Dharmawan). Potensinya sudah tercium pelatih bertangan dingin ini.
Tahun 2008, Jajang masuk tim U-21 Persib bahkan sempat menjabat Kapten. Selama di tim U-21 ini Jajang sempat mencicipi main bersama tim senior bahkan mencetak gol ketika di laga tur pra musim ketika menghadapi Perkesit Cianjur 2010 silam. Kala itu, dengan status pemain magang, Jajang masuk di pertengahan babak kedua menggantikan Gilang AK dan berhasil melesakkan gol pertamanya bersama Persib walau hanya di level persahabatan.
RD yang sudah melihat potensi pada diri pemain bernomor punggung 18 ini, sempat memasukkan nama Jajang di pelatnas SEA GAMES 2011 lalu meski akhirnya mencoret Jajang dari daftar resmi pemain SEA GAMES. Karena RD pulalah Jajang sempat magang di Persija musim lalu kala di latih RD.
Gol yang dicetak ke gawang PSPS lalu spontan saja meningkatkan rasa penasaran bobotoh akan sosok pemain ini apalagi pada saat itu Persib dalam posisi tertinggal 0-1 dari lawannya tersebut. Ditambah 1 gol ke gawang Pelita di derby Jabar, total jajang telah mengoleksi 2 gol sepanjang membela Persib di pentas ISL musim ini. Suatu torehan yang luar biasa dvri anak muda berusia 23 tahun ini mengingat baru 8 kali membela tim senior dan posisi yang berada jauh dari gawang lawan yaitu bek kiri.


Bacaan Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap mengunakan kata kata yang sopan, tidak SARA. komentar yang dianggap melanggar akan dihapus.