3 Feb 2012

Namebench : OpenSource pencari DNS


Yakin DNS yang anda gunakan yang tercepat untuk anda? DNS adalah perantara di dunia internet. Ibarat Guide yang akan yang siap membantu kemana pun si turis ingin pergi. Tentunya kualitas Guide akan menentukan kenyamanan kita berwisata. Bisa juga diibaratkan tukang ojek. Tentunya pengenalan daerah, jenis motor dan keahlian sang pengendara akan membawa kenyamanan dan kecepatan sampai tujuan. Nah, kali ini review kita akan melihat sebuah software pencari DNS terbaik untuk kita gunakan. Software ini bernama Namebench. Saat ini Namebench terbaru adalah Namebench 1.3.

Software ini akan mencarikan DNS server tercepat yang tersedia untuk komputer yang Anda gunakan. namebench memanfaatkan web browser yang Anda gunakan, history, output tcpdump, atau dataset standar untuk memberikan rekomendasi individual.


namebench adalah software gratis dan tidak memodifikasi sistem Anda dengan cara apapun. Proyek Namebench adalah sebuah proyek opensource di Google. namebench tersedia dalam berbagai versi OS. Di antaranya Mac OS X, Windows (XP, Vista, Win7), dan UNIX, serta tersedia pilihan dalam grafis interface  dan interface Command line. namebench dirancang dengan Tool open-source seperti Python, Tkinter, PyObjC, dnspython, jinja2 dan graphy.

Tampilan interface default yang sederhana memudahkan kita dalam penggunaannya sehingga kita tinggal klik "start Benchmark". Namun, Namebench juga memberi keluluasaan user untuk menggunakan fitur yang ada. Ketika Namebench dijalankan, detail analisa akan muncul berupa pop-up pada web browser.

Options Menu NameBench

Nameserver
Masukkan DNS server yang Anda ingin pastikan masuk dalam test benchmark. Secara default, ini berisikan DNS server dari sistem yang sedang digunakan saat ini. Kita bisa isikan beberapa DNS dengan menggunakan koma sebagai pemisahnya.

Include global DNS providers
Tandai ini untuk memasukkan DNS hostname global yang sudah terkenal seperti google publik, OpenDNS dan UltraDNS.

Include best available regional DNS services
Menyertakan DNS lokal tercepat dalam test DNS. Test Namebench ini menguji lebih dari 1.000 DNS yang ada dari seluruh dunia dan hanya memilih serta menampilkan top level server DNS tercepat yang memberikan respons terbaik saja.
CATATAN:  namebench UI membatasi hanya 10 nameserver saja setiap pengujian. Jika sistem anda memiliki server DNS primer dan sekunder, dan 4 server DNS global untuk diuji, berarti hanya 4 DNS server lokal yangakan diuji dalam benchmark.

Include Censorship Checks
namebench menyertakan daftar nama host website ternama untuk pengujian website. Dengan opsi ini diaktifkan, akan merequest ke host tersebut dan memeriksa untuk memastikan hasil seperti yang diharapkan.

Upload dan Share
upload dan publikasikan versi anonim hasil test Anda ke situs namebench. Fitur ini tidak hanya berguna untuk melihat hasil test orang lain, tapi membantu ISP yang menjalankan server DNS mengumpulkan informasi tentang kinerja mereka sendiri. Umpan balik yang dikumpulkan juga digunakan untuk meningkatkan namebench.

Your location
Pada saat ini, bidang ini tidak terpakai.

Query Data Source
namebench bekerja dengan meminta alamat website dari setiap server DNS. Dialog ini memungkinkan Anda untuk memilih daftar host yang dihasilkan. Sumber data yang paling akurat adalah history browser Anda, benchmark mungkin bias terhadap konfigurasi server DNS primer Anda. Daftar ini juga berisi "Domain Alexa Global Top (10000)". Sumber data berisi daftar domain untuk situs web 10.000 paling populer di Internet.


Health Check Performance
berapa banyak DNS server yang ingin di akses pada saat yang sama. Biasanya, Anda ingin pilihan cepat (40 server). Jika Anda memiliki masalah dengan koneksi internet, pilih opsi lambat (10 server).

Number of queries
Pilihan ini memilih berapa banyak permintaan harus diuji untuk setiap server DNS. semakin banyak, hasilnya semakin nyata pada penggunaan. Secara default mengirim 250 permintaan untuk setiap server DNS.



Bacaan yang terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap mengunakan kata kata yang sopan, tidak SARA. komentar yang dianggap melanggar akan dihapus.