15 Mei 2012

Faktor Yang Mempengaruhi Koneksi USB Modem Seluler


USB Modem seluler sekarang ini sedang menjadi trend di dunia perinternetan Indonesia terutama bagi pengguna rumahan. Selain paket akses data yang ditawarkan lumayan tinggi juga karena harganya yang tergolong murah serta efisien.
Provider USB modem menjamur dan hampir semua provider layanan telekomunikasi di negeri ini ikut berkecimpung di dunia maya yang cukup memiliki prospek bagus sekarang ini. Semua berlomba menjanjikan yang terbaik walau kadang konsumen ujung-ujungnya kecewa :( . Dengan embel-embel inilah-itulah banyak membuat kita sebagai konsumen merasa diuntungkan meski akhirnya tidak bisa berbuat apa-apa ketika menghadapi kenyataan yang berbeda dengan yang digembar-gemborkan sang penyedia layanan jasa internet tersebut.

So, biar gak kecewa belakangan sebaiknya perhatikan asfek-asfek yang mempengaruhi koneksi internet anda. Teliti sebelum membeli mungkin akan sedikit membantu kenyamanan kita. Karena pada saat memutuskan akan membeli suatu produk modem, kita tidak ditanya atau diberi tahu informasi yang dibutuhkan.
Mengingat sifat dari teknologi jaringan telekomunikasi seluler, ada beberapa asfek yang mempengaruhi kecepatan akses internet kita. Tidak hanya besar kecilnya paket akses data yang kita gunakan tetapi meliputi hal yang lumayan komplek.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan  jasa provider internet seluler ini, :

1.  Coverage area
untuk pengguna CDMa perhatikan apakah EVDO sudah didukung didaerah anda? sedangkan untuk GSM cari tahu apakah mendukung 3G atau 2G saja.

2.  Waktu pemakaian.
Biasanya malam hari koneksi internet terbaik. Perhatikan saat pagi, siang sore dan malam pasti akan terasa beda kecepatan yang diperoleh.

3. Kondisi geografis dan topologi
Tempat anda akan memakai internet apakah pegunungan, pedesaan, kota dan lain-lain.

4. Struktur Bangunan
Tembok yang tinggi dan tebal di sekitar anda bisa jadi penghambat signal yang diterima.

5. Jumlah pengguna internet di sekitar kita

6. Proses Upload dan Download anda

7. CUaca
Ini sangat berpengaruh terutama bagi anda pengguna EVDO. Sudah bukan rahasia lagi kalau EVDO bagus dicuaca cerah namun akan down di cuaca buruk/hujan atau mendung.

1 komentar:

Harap mengunakan kata kata yang sopan, tidak SARA. komentar yang dianggap melanggar akan dihapus.